MARSIGIT PHILOSOPHY : CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA WIJAYANTI PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK MARSIGIT
TUGAS 3
CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA
WIJAYANTI
PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK
MARSIGIT
Pada perkuliahan Filsafat Ilmu kami diminta oleh Bapak Marsigit mengajukan beberapa judul, berikut merupakan beberapa judul penelitian yang saya ajukan
Pada perkuliahan Filsafat Ilmu kami diminta oleh Bapak Marsigit mengajukan beberapa judul, berikut merupakan beberapa judul penelitian yang saya ajukan
No
|
Judul
|
Rumusan Masalah
|
Artikel yang Relevan
|
1
|
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN
PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE
TRAINING PADA MATERI (MENYESUAIKAN WAKTU PENELITIAN DAN PENDEKATAN
PEMBELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI
MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA
|
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA?
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA?
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA?
Bagaimana
mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem
based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan)
untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis, literasi matematis dan
motivasi belajar siswa SMA ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan?
|
Enhancing
Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning
and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)
Effects
of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems
Mathematics
Literacy: Are We Aable to put the
mathematics we learn into everyday use?
|
2
|
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE TRAINING TERHADAP
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
SMA IPA DI KABUPATEN TEMANGGUNG
|
1.
Apakah pendekatan pembelajaran
problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap
peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa?
2.
Apakah pendekatan pembelajaran
problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap
peningkatan kemampuan literasi matematis siswa?
3.
Apakah pendekatan pembelajaran
problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap
peningkatan motivasi belajar siswa?
|
Enhancing
Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning
and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)
Effects
of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems
Metacognitive strategy knoeledge use
through mathematical problem solving amongst Pre-service teachers
|
3
|
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATEMATIKA SMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENSES THEORY
PADA MATERI ___ (DISESUAIKAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS
TINGKAT TINGGI, KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA
|
1.
Bagaimana mengembangkan perangkat
pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning
berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk
meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMA?
2.
Bagaimana mengembangkan perangkat
pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning
berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk
meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA?
3.
Bagaimana mengembangkan perangkat
pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning
berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk
meningkatkan minat belajar siswa SMA?
4.
Bagaimana mengembangkan perangkat
pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning
berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk
meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, literasi matematis,
dan minat belajar siswa SMA ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan?
|
The relationship of teacher-facilitated
inquiry-based instruction to student higher-order thinking
Multiple intelligences theory: a
framework for personalizing science curricula
How to Assess Higher-Order
Thinking Skills in Your Classroom
|
METODE
PENELITIAN
A. Model
Pengembangan
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang
bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model
pembelajaran problem based learning. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran. Creswell
(2016: 288) menyatakan metode penelitian campuran merupakan prosedur yang
digunakan untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mencampur penelitian kuantitatif
dan kualitatif dalam satu studi penelitian. Pada penelitian ini studi
kuantitatif digunakan untuk memperoleh data hasil validasi dan uji coba produk,
sedangkan studi kualitatif digunakan untuk memahami bagaimana proses validasi
dan uji coba.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model pengembangan Plomp (2010: 19) yang terdiri dari: (1) tahap
penelitian pendahuluan (preliminary
research), (2) perancangan dan pengembangan produk awal (prototyping stage), dan (3) tahap
penilaian (assessment phase).
Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Plomp membentuk siklus yang
akan berhenti jika produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas
produk yang telah ditetapkan. Kualitas produk yang dikembangkan sesuai dengan
kriteria pengembangan yang dikemukakan oleh Nieveen (Nieveen, 1999: 126) yaitu
valid, praktis, dan efektif.
B. Prosedur
Pengembangan
Berdasarkan model pengembangan Plomp di atas, maka
prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) preliminary research; (2) development or prototyping phase; (3) assessment phase. Secara sistematis
prosedur pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dapat dilihat
pada gambar berikut.

Gambar
Prosedur Pengembangan
pilih yg berbasis MI aja sist 🖒 hehe
ReplyDelete