Skip to main content

MARSIGIT PHILOSOPHY : CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA WIJAYANTI PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK MARSIGIT


TUGAS 3
CALON JUDUL PENELITIAN INDRA KUSUMA WIJAYANTI
PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU OLEH BAPAK MARSIGIT
Pada perkuliahan Filsafat Ilmu kami diminta oleh Bapak Marsigit mengajukan beberapa judul, berikut merupakan beberapa judul penelitian yang saya ajukan
No
Judul
Rumusan Masalah
Artikel yang Relevan
1
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE TRAINING PADA MATERI (MENYESUAIKAN WAKTU PENELITIAN DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA
Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA?

Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA?

Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA?

Bagaimana mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis, literasi matematis dan motivasi belajar siswa SMA ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan?
Enhancing Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)

Effects of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems


Mathematics
Literacy: Are We Aable to put the mathematics we learn into everyday use?
2
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METAKOGNITIVE TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS, LITERASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA IPA DI KABUPATEN TEMANGGUNG

1.      Apakah pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa?
2.      Apakah pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa?
3.      Apakah pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis metacognitive training berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa?
Enhancing Mathematical Reasioning in the Classroom: the effects of Cooperative Learning and Metacognitive Training (Bracha Kramarski and Zemira R. Mevarech)


Effects of metacognitive instruction on low achievers in mathematical problems

Metacognitive strategy knoeledge use through mathematical problem solving amongst Pre-service teachers
3
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENSES THEORY PADA MATERI ___ (DISESUAIKAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI, KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA
1.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMA?


2.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA?

3.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA?

4.      Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran problem based learning berbasis multiple intelligenses theory pada materi (disesuaikan) untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, literasi matematis, dan minat belajar siswa SMA ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan?


The relationship of teacher-facilitated inquiry-based instruction to student higher-order thinking

Multiple intelligences theory: a framework for personalizing science curricula

How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom


METODE PENELITIAN

A.    Model Pengembangan

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran. Creswell (2016: 288) menyatakan metode penelitian campuran merupakan prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mencampur penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam satu studi penelitian. Pada penelitian ini studi kuantitatif digunakan untuk memperoleh data hasil validasi dan uji coba produk, sedangkan studi kualitatif digunakan untuk memahami bagaimana proses validasi dan uji coba.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2010: 19) yang terdiri dari: (1) tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), (2) perancangan dan pengembangan produk awal (prototyping stage), dan (3) tahap penilaian (assessment phase). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Plomp membentuk siklus yang akan berhenti jika produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas produk yang telah ditetapkan. Kualitas produk yang dikembangkan sesuai dengan kriteria pengembangan yang dikemukakan oleh Nieveen (Nieveen, 1999: 126) yaitu valid, praktis, dan efektif.

B.     Prosedur Pengembangan

Berdasarkan model pengembangan Plomp di atas, maka prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) preliminary research; (2) development or prototyping phase; (3) assessment phase. Secara sistematis prosedur pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dapat dilihat pada gambar berikut.
Gambar Prosedur Pengembangan

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERKEMBANGAN MATEMATIKA

Abstrak Secara garis besar tulisan ini membahas mengenai perkembangan matematika dan matematika model. Pendahuluan pada tulisan ini berisi alasan penting mempelajari filsafat, kemudian fisolosofi matematika dan matematika model. Selanjutnya pada pembahasan dibahas mengenai aliran-aliran perkembangan matematika, objek-objek matematika dan ontology, epistemology matematika model serta perkembangan matematika dan matematika model. Pembahasan mendalam mengenai perkembangan matematika dan matematika model diawali dengan penjelasan konsep kalkulus atau limit neizbi, matematika formal Hilbert, kemudian munculnya teorema ketidaklengkapan Godel. Selanjutnya adalah Tarski's Undefinability Theorem dan penyelesaian Entscheidungsproblem oleh Alan Turing, dimana masalah pada Entscheidungsproblem yang awalnya diungkapkan oleh Hilbert akhirnya dapat diselesaikan oleh Alan Turing. Tulisan ini diakhiri dengan penjelasan mengenai Mathematics Nonstandart dan Transformasi. Pendahuluan P...

Filsafat Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan

Yogyakarta, November 2019 Filsafat Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Oleh: Indra Kusuma Wijayanti Dalam Perkuliahan Filsafat Ilmu Bapak Marsigit Berbicara mengenai Filsafat, maka bagi saya erat kaitannya dengan menuliskan apa yang kita pikirkan dan memikirkan apa yang kita tuliskan. Tulisan kali ini akan membongkar pemaknaan filsafat penjumlahan menurut versi Indra Kusuma Wijayanti Penjumlahan, berawal dari kata dasar Jumlah memiliki makna tentang bertambah. Bertambah banyak. Bertambah sedikit. Bertambah kuat. Bertambah cerdas. Bertambah iman. Bertambah bersih. Dan bertambah lainnya. Hal yang bekebalikan dengan penjumlahan sudah tentu adalah pengurangan. Kata dasar pengurangan adalah kurang. Berkurangnya jatah hidup. Berkurangnya kegagahan. Berkurangnya daya ingat, dan lain sebagainya. Penjumlahan dan pengurangan merupakan bagian dari operasi hitung yang dikenal sejak SD sampai sekarang, dimanapun jenjang pendidikannya. Pengenalan mengenai penjumlahan dan pen...

Marsigit_Indra Kusuma W_Tugas Akhir Link

Tujuan dan manfaat akses link tugas di google: 1. Niat Ibadah 2. Sosialisasi ilmu 3. Promosi profesional development 4. Mengisi segmen medsos dengan kebaikan. 5. Motivasi yang lain. 6. Penguasaan ICT 7. Menyediakan sumber belajar 8. Arsip kegiatan belajar. Aamiin. Berikut Link untuk akses tugas akhir saya https://drive.google.com/drive/folders/1D4RZ1orxJfugCNAk1nx1GHoQqS8xjFjE  perbaikan link https://drive.google.com/folderview?id=1D4RZ1orxJfugCNAk1nx1GHoQqS8xjFjE